RPP SMA KURIKULUM 2013MATA PELAJARAN GEOGRAFI



Berikut adalah RPP SMA kelas XI matapelajaran Geografi. ini adalah RPP hasil PPL yang dilakukan di SMA KEPANJEN 1 MALANG.. semoga dapat membantu.. ^-^



Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Kepanjen
Kelas/Semester            : XI-IIS 1 / 1
Mata Pelajaran            : Geografi
Materi Pokok              :  3.3 Kondisi Geografis Indonesia
Sub Materi                  :  3.3.1 Luas dan Batas Teritorial Indonesia
Jumlah Pertemuan       : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 45’
Tanggal Pelaksanaan   : 06 Oktober 2014

Kompetensi Inti         :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar     :

1.3  Mensyukuri potensi wilayah Indonesia dalam penyediaan pangan, bahan industri, dan energi elternatif sebagai karunia  Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.3  Menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam menghargai potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri , dan energi alternatif.
3.3  Menganalisis kondisi geografis indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri dan energi alternatif.
4.3 Menyajikan data dan fakta kondisi geografis Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.

Indikator                    :
1.3.1        Mensyukuri potensi wilayah Indonesia dalam penyediaan pangan, bahan industri dan energi alternatif sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih.
2.3.1        Menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam menghargai potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri , dan energi alternatif.
3.3.1        Menjelaskan luas dan batas teritorial Indonesia sebagai langkah awal untuk menganalisis kondisi geografis Indonesia.
4.3.1    Menyajikan data dan fakta kondisi geografis Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.
A.  Tujuan Pembelajaran
            1.      Siswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan wilayah teritorial dan yuridiksi kedaulatan NKRI.
            2.      Siswa mampu menjelaskan kewenangan negara menetapkan batas negara.
            3.      Siswa mampu menjelaskan luas dan batas teritorial Indonesia.
            4.      Siswa mampu mendiskripsikan luas wilayah Indonesia.
            5.      Siswa mampu menganalisis permasalahan perbatasan di Indonesia.
            6.      Siswa mampu menyajikan data hasil diskusi tentang permasalahan perbatasan di Indonesia.
B.  Metode /  Model Pembelajaran
v  Pendekatan à scientific
v  Metode à tugas mandiri, tanya jawab, ceramah, dan diskusi kelompok/pasangan.
v  Model à Numbered Head Together (NHT)
C.    Materi Pelajaran
            1.      Sejarah perkembangan wilayah teritorial dan yuridiksi kedaulatan NKRI.
            2.      Kewenangan negara menetapkan batas negara.
            3.      Batas teritorial Indonesia.
            4.      luas wilayah Indonesia.
(terlampir)
D.  Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu : 2 x 45’
Kegiatan
Tahap Scientific Approach
Alokasi Waktu
v Pendahuluan ( 10 menit)
§  Salam
§  Mempersilahkan salah satu siswa memimpin doa
§  Menanyakan kehadiran siswa
Apersepsi        
§  Guru memberikan persepsi awal mengenai luas dan batas teritorial Indonesia, misalnya apakah ada yang sudah mengetahui tentang luas dan batas-batas wilayah Indonesia.
Motivasi
§  Memberikan motivasi pentingnya mempelajari luas dan batas teritorial Indonesia yang disambungkan dari apersepsi
Pemberian Acuan
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan aktifitas yang akan dilakukan siswa.


3’



2’




1’


4’

v Inti (73 menit)
§  Siswa memperhatikan power point materi singkat tentang luas dan batas teritorial Indonesia dan sedikit pengantar tentang kondisi geografis Indonesia yang telah disiapkan oleh guru.
§  Siswa mencari informasi yang lebih lengkap lagi, berkenaan dengan materi yang disajikan guru baik melalui buku atau internet.
§  Siswa diminta untuk membuat sejumlah pertanyaan apabila ada yang masih belum dimengerti.
§  Siswa mengamati video tentang masalah perbatasan di Indonesia
§  Siswa dibentuk menjadi 6 kelompok jika jumlah siswa 36. Setiap siswa di dalam kelompok diberikan nomor.
§  Setiap dua kelompok di berikan tema yang berbeda terkait permasalahan perbatasan wilayah di Indonesia, yaitu :
1.      Pendidikan
2.      Ekonomi
3.      Sarana Prasarana
§  masing-masing kelompok mendiskusikan setiap tema permasalahan yang telah diberikan.
§  Setelah selesai diskusi, guru memanggil kelompok dan nomor secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok.
§  Guru menunjuk nomor dari kelompok lain untuk memberikan pertanyaan atau sanggahan tentang hasil laporan kelompok lain.
§  Setiap perwakilan kelompok menyalin hasil diskusi dari kelompok lain sehingga setiap kelompok memiliki hasil diskusi dari setiap permasalahan perbatasan.
§  Siswa menjawab pertanyaan dari guru, dikerjakan seperti biasa dalam lembaran kertas kecil.

Mengamati


Menanya

Meng-eksplorasi





Mengasosiasi




Meng-komunikasi-kan

15


5


5’

10’



15’


5’


10’


8
v Penutup (7 menit)
§  Siswa diperkenankan menarik kesimpulan belajar hari ini, bersama-sama dengan guru.
§  Siswa ditugaskan untuk membaca materi selanjutnya yaitu tentang potensi ekonomi dan sosial Indonesia.


Penugasan
Untuk materi selanjutnya

5’



2’

Total Alokasi Waktu

90’

E.     Bahan Alat Media dan Sumber Belajar

Bahan  :
v  slide show power point tujuan pembelajaran dan materi singkat.
v  Video tentang permasalahan perbatasan negara Indonesia.

Alat / Media :
v  Power point
v  Laptop
v  LCD Proyektor
Sumber
v  Buku
§  Buku geografi kelas XI SMA / MA Penerbit dan Percetakan YRAMA WIDYA
§  Bahan ajar Geografi Peminatan Ilmu-ilmu sosial untuk SMA/MA Kelas XI
v  Internet
v  Lingkungan

F.   Penilaian
Teknik Penilaian terhadap siswa dalam pembelajaran meliputi:
1.      Proses pembelajaran NHT  (Afektif)
2.      Tugas kelompok (hasil dan laporan diskusi kelompok tentang permasalahan perbatasan)
3.      Kognitif
Instrumen Penilaian dalam pertemuan ini sebagai berikut:
1.      Lembar pengamatan dan Penilaian (Afektif/Sikap)
catatan: Berikan tanda (√ ) pada siswa yang aktif
No
Nama
Jenis Keaktifan Siswa
Skor
K
P
TJ
KS
Skp
1







2







3







Dst







        Keterangan:
Keterangan:
K : Kerja aktif
P :  Presentor
TJ  : Tanya Jawab
KS : Kerja sama
Skp : Sikap
è 1 tanda () bernilai 5 poin dan siswa memiliki skor 25 jika sempurna
è

2.      Lembar Penilaian tugas kelompok à Hasil diskusi kelompok
Kelompok
Kerapian
Kreatifitas
Tepat waktu
SKOR
1




Dst




Keterangan:
Masing-masing kriteria memiliki nilai 5-10. Skor sempurna = 20. Kecuali kolom tepat waktu, jika tepat tambah 5 point, jika tidak 2,5.

3.       Soal
                 1.      Apa pengertian dari wilayah?
                 2.      Apa yang dimaksud dengan batas landas kontinen?
                 3.      Apa perbedaan batas laut teritorial dengan batas zona ekonomi eksklusif?
Kunci Jawaban
Jawaban
Skor dan deskriptor
1.      Wilayah dapat diartikan sebagai ruang dimana manusia yang menjadi warga negara atau penduduk negara yang bersangkutan hidup serta menjalankan segala aktifitasnya
1-3
è Jika tepat skor 3
è Kurang tepat skor 2
2.      Landas kontinen adalah dasar laut yang jika dilihat dari segi geologi maupun geomorfologinya merupakan kelanjutan dari kontinen atau benua. Kedalaman landas kontinen tidak lebih dari 150 meter. Batas landas kontinen diukur mulai dari garis dasar pantai ke arah luar dengan jarak paling jauh adalah 200 mil.
1-4
è Jika tepat skor 4
è Kurang tepat skor 3
è Sangat kurang tepat skor 2
3.      Batas laut teritorial adalah suatu batas laut yang ditarik dari sebuah garis dasar dengan jarak 12 mil ke arah laut Sedangkan batas zona ekonomi eksklusif adalah wilayah laut sejauh 200 mil dari pulau terluar saat air surut.
1-5
è Jika tepat skor 5
è Kurang tepat skor 4
è Sangat kurang tepat skor 3
Nilai Siswa à
Mengetahui,
Guru Pamong,




H. Lukman Huri, S.Pd
NIP. 19650309 198903 1015
Kepanjen, 2014
Guru Praktikan,




Eka Widyanti
NIM. 110721435006



Menyetujui,
Kepala SMA Negeri 1 Kepanjen




Drs. H. Maskuri
NIP. 19580518 198702 1002

0 komentar:

Posting Komentar